Urutan langkah-langkah aktivitas guru menurut model cooperative learning yang diuraikan oleh Arends (dalam Umi, 2011:80) adalah sebagai berikut.
Tabel 2.1 Fase-fase Cooperative Learning
No. | Fase | Aktivitas Guru |
1. | Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa | Menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar |
2. | Menyajikan informasi | Menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan cara demonstrasi atau lewat bahan bacaan |
3. | Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar | Menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien |
4. | Membimbing kelompok bekerja dan belajar | Membimbing kelompok-kelompok dalam belajar yaitu pada saat mengerjakan tugas |
5. | Evaluasi | Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari kelompok atau masing -masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya |
6. | Memberikan penghargaan | Memberi penghargaan kepada individu atau kelompok yang mendapatkan hasil yang baik. Misalnya dengan memberi hadiah |
Tiap fase dalam cooperative learning, guru menyisipkan pendidikan karakter didalamnya. Sebagai contoh, pada fase menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, guru menumbuhkan karakter semangat belajar dan rasa ingin tahu.
0 comments:
Posting Komentar