Menurut Slavin (dalam Umi, 2011:83), tujuan dari Cooperative Learning adalah menciptakan situasi di mana keberhasilan individu ditentukan atau dipengaruhi oleh keberhasilan kelompoknya. Model Cooperative Learning dikembangkan untuk mencapai setidaknya tiga tujuan pembelajaran penting yaitu:
a. Hasil belajar akademik
Model Cooperative Learning unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit, meningkatkan nilai siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar.
b. Penerimaan terhadap perbedaan individu
Cooperative Learning memberi peluang bagi siswa dari berbagi latar belakang dan kondisi untuk bekerja dengan saling bergantung pada tugas-tugas akademik dan melalui struktur penghargaan kooperatif akan belajar saling menghargai satu sama lain.
c. Pengembangan keterampilan sosial
Tujuan pentiing ketiga Cooperative Learning adalah mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerjasama dan kolaborasi (Ibrahim, dalam Umi, 2011:83)
Sesuai dengan tujuan di atas, cooperative learning dirasa mampu mendukung pengembangan karakter siswa. Selain telah dipercaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan menggunakan model cooperative learning guru dapat melatih berbagai karakter kepada siswa. Sebagai contoh dalam menyelesaikan tugas kelompoknya, setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Saat siswa belajar dalam kelompok, itu artinya guru telah mengembangkan karakter semangat berkontribusi dan rasa tanggung jawab kepada siswa.
0 comments:
Posting Komentar